Senin, 16 Juli 2012

Sheikh Sheikh Muda Dubai


Sheikh adalah panggilan khusus yang di berikan kepada orang-orang yang berilmu namun di beberapa kawasan Arab keluarga kerajaan juga di panggil dengan sebutan Sheikh. Termasuk di antara kawasan itu adalah Dubai yang menjadi salah satu bagian dari Uni Emirates Arab.

Sejak jaman baheula Dubai di pimpin oleh Dinasti Al-maktoum ,sebenarnya dinasti ini berasal dari kawasan yang sekarang di sebut Bani yas  jadi masih wilayah Abu Dhabi lalu mereka masuk ke Dubai ,ada yang unik lho sebelum menjad Uni Emirates Arab ,Abu Dhabi dan Dubai sempet saling menembakan meriam alias perang.itu terjadi sekitar tahun 1947 .ketegangan terus berlanjut sampai akhirnya Sheikh Zayed Al-Nahyan dan Sheikh Rashid Al-maktoum bersepakat untuk membentuk UEA.

Sebagai presiden di tunjuklah Sheikh Zayed dan wakilnya di tunjuk Sheikh Rashid.Setelah kedua Sheikh ini wafat presiden di jabat oleh Sheikh Khalifah Bin Zayed sedangkan wakil di jabat oleh Sheikh maktoum Bin Rashid,kemudian Sheikh Maktoum pun wafat dan posisi wakil presiden di jabat oleh saudaranya Sheikh Mohammed Bin Rashid Al-maktoum sampai saat ini.

Di antara anak Sheikh Rashid ada yang bernama Sheikh hamdan,beliau menjabat Deputy Ruler Of Dubai sekaligus menteri keuangan UEA. Sheikh Hamdan memiliki 6 orang anak yang terdiri dari 3 orang putra dan 3 orang putri,untuk yang putri saya kurang tahu karena emang enggak pernah lihat.

Sedang untuk yang putra saya pernah melihat dan beberapa kali berpapasan secara langsung bahkan ketika dulu masih di bagian ” abal-abal ” saya sempet melayani putra ketiga secara lebih dekat,tapi saat ini  saya udah di pindah ke  bagian  lain jadi kesempatan untuk lebih deket tertutup sudah. Belom rejeki kali. hihihi.

Putra pertama ,Sheikh Hamdan adalah  Sheikh rashid ,sekarang tidak ikut sholat Iedul Adha di Dubai karena sedang melaksanakan ibadah haji di makkah Al-Mukaromah bersama Sheikha ( Ibunya ). Putra kedua bernama Sheikh Said ,hobinya adalah foto memotret sedangkan si bungsu bernama Sheikh maktoum.

Banyaknya nama yang sama di kalangan keluarga Sheikh  Dubai sering membuat bingung karena Sheikh Mohammed pun punya beberapa putra yang  namanya mirip dengan nama putra Sheikh Hamdan,misalnya Sheikh Maktoum yang saat ini juga menjabat sebagai Deputy Ruler Of Dubai.

Selain Sheikh maktoum ada juga putra Sheikh Mohammed yang bernama Sheikh Hamdan dan Sheikh majid. merekalah yang di kenal sebagai sheikh-sheikh muda Dubai. karena usia mereka masih sekitar 30 tahunan,karena  nantinya harus mengganti peran ayah-ayah mereka jadi aja walau masih muda sheikh-sheikh ini sudah menjabat  posisi-posisi strategis.

Di antara Sheikh Muda Dubai yang paling menonjol siapa lagi kalo bukan Sheikh Hamdan enggak heran karena beliau adalah pangeran yang kelak akan menggantikan Sheikh Mohammed. Selain pintar Sheikh Muda ini juga punya wajah ganteng serta di tunjang bodi yang lumayan ok.

Beberapa kali Sheikh Muda ini bersilaturahmi ke Wak-Nya Sheikh Hamdan,semua keluarga Al-maktoum memang telah mempunyai posisi  masing-masing,contohnya Sheikh Ahmed yang saat ini menjabat sebagai orang nomor satu di Fly Emirates.

Apakah nanti bakal  terjadi ” perebutan ” kekuasaan di antara sheikh -sheikh muda tersebut ? sepertinya hal itu susah terjadi karena di antara keluarga Al-maktoum telah terjalin hubungan kekerabatan yang sangat erat. Tidak itu saja keluarga ini juga sangat dekat dengan keluarga Al-Nahyan penguasa  Abu Dhabi .

Bapak Dubai Modern Sheikh Rashid sudah lama wafat tapi beliau meninggalkan putra-putra yang berhasil meneruskan cita-citanya sehingga mampu  membuat Dubai yang mungil menjadi salah satu kawasan meriah di jazirah Arabiyah.

Pertanyaannya, mampukah para Sheikh muda itu melanjutkan estafeta pembangunan ke depan ? kita lihat saja nanti….
Sheikh Majid bin Mohammed bin Rashid Al- Maktoum

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar