Senin, 16 Juli 2012

Indonesia Nongol di ATM


Tahun kemaren saya menulis kehadiran indonesia di ATM(Arabian Travel Market) di blog sebelah, iseng iseng saya kembali meluncur ke tulisan tersebut, ternyata jumlah pembacanya sudah mencapai 1664 orang, saya memang menulis di beberapa tempat tapi hanya di kompasiana saya mencoba untuk menulis setiap hari.

Walau bukan tulisan baru saya akan menampilkan tulisan di blog tetangga itu di tambah dengan beberapa info terhangat dari even ATM tahun ini….
” Ketika membaca sebuah koran yang beredar di Dubai beberapa hari yang lalu mata saya sekilas menangkap ada kata Indonesia, wah,  ada apa  nih dengan Indonesia? wow, ternyata Indonesia ikut menjadi salah satu peserta ATM ( Arabian Travel market) lumayan juga he he he.

Sudah cukup lama saya tinggal di Dubai, sepanjang sepengetahuan saya Indonesia baru beberapa kali ikut serta dalam pameran pariwisata dalam skala besar, yang cukup ironis ketika saya berkunjung ke kampung global  setahun silam.
Waktu itu stand Indonesia begitu imut dan sepi sangat kontras dengan stand stand dari negara lain
1335992885679522053
kalo ini stand punya Saudi. GulfNews.
, India misalnya, negara ini stand nya gede banget, enggak jauh beda dengan India, Saudi Arabia juga punya stand yang gede.
Lalu saya sempatkan hadir di stand Indonesia yang sepi itu, ya ampun petugasnya cuek cuek aja he he he mungkin di kiranya saya bukan orang Indonesia.Maaf saja tampang saya emang agak ”bule” he he he. ATM sendiri secara resmi di buka oleh Sheikh Maktoum bin Mohammed selaku deputy ruler of Dubai.Banyak perusahaan pariwisata yang ikut dalam ATM tahun ini.

Perusahaan penerbangan milik pemerintah Dubai. Emirates pun tidak mau ketinggalan, stand mereka tampak menyolok dan terlihat begitu mendominasi ruang pameran.Bagaimana dengan Indonesia? Alhamdulillah, sudah ada peningkatan.Jika di lihat dari beritanya Indonesia menawarkan kekayaan budaya dan wilayahnya yang cantik serta luas.

Jika saja orang Arab tahu Indonesia memiliki ribuan pulau pasti mereka akan berkata,” Masya Alloh, Indonesia, jannatun fil Ardhi” he he he. Indonesia juga menawarkan bangunan bangunan kuno yang sudah jadi bagian dari bangunan bersejarah dunia seperti candi borobudur dan candi prambanan.

Terakhir, kalo lihat fotonya yang jaga stand Indonesia ternyata cantik banget he he he. Siplah, semoga Indonesia lebih di kenal dan pariwisata kita semakin maju.
Bravo Indonesiaku ”.
Enggak terasa tulisan di atas telah berusia satu tahun, saya tulis pada tanggal 5 mei 2011, sekarang sudah masuk tanggal 3 mei 2012. Inilah beberapa perbedaan ATM tahun kemaren dengan ATM tahun ini.

Jika tahun kemaren ATM di buka oleh sheikh maktoum bin Mohammed maka ATM tahun sekarang di buka oleh babenya sheikh maktoum yakni Sheikh Mohammed sendiri. Mengapa demikian? Menunjukan jika Dubai memang benar benar serius menggarap industri pariwisata.

ATM( Arabian Travel market) di Dubai termasuk salah satu pameran pariwsata terbesar di dunia, puluhan negara di dunia ikut serta dalam even ini, karena itu enggak mungkinlah Indonesia enggak ikut, saya juga melihat stand Indonesia tahun ini tampak semakin besar. Alhamdulillah.

Promosi yang berkesinambungan harus tetap di lakukan oleh Indonesia untuk menyedot turis dari kawasan timur tengah. Memang jumlah penduduk Arab enggak banyak banyak banget tapi yang perlu di catat, setiap musim panas datang puluhan ribu orang Arab ”ngungsi” keluar dari gurun.

Tujuan mereka kebanyakan adalah negara negara Eropah. UK menjadi sangat favorit selain Perancis dan Jerman. Alangkah bagusnya kalo orang orang Arab yang tajir itu kita sedot untuk datang ke Indonesia, caranya bagaimana? ya, salah satunya dengan mempromosikan Indonesia kepada mereka.

Pernah sih, memang saya melihat iklan maskapai Garuda di koran GulfNews, tapi saya belum pernah melihat iklan pariwisata Indonesia di koran koran Dubai. Berbeda dengan malaysia dan Thailand. Kedua negara ini sangat bernafsu sekali mengiklan diri di media massa.

Paket paket tour dari dua negara ini di tawarkan dengan harga miring di berbagai koran di Dubai,  bahkan Thailand berani nempelin objek wisata mereka di beberapa stasiun metro Dubai. Sebuah taktik promo yang sangat jitu. Enggak heran Thailand menjadi sangat populer di mata orang Arab.

Tahun depan saya mungkin masih tinggal  di Dubai  , jika tidak ada halangan saya  akan kembali menulis tentang ATM( Arabian Travel market) berharap juga stand Indonesia akan semakin besar dan ramai.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar